EFEKTIVITAS BIOAKTIVATOR Trichoderma Sp. Dan Mikoriza Arbuskular (FMA) DALAM MENEKAN Layu Fusarium, PERTUMBUHAN DAN HASIL PADA BEBERAPA VARIETAS TANAMAN BAWANG MERAH (Allium AscalonicumL.)

Azrin, Hariyadi (2020) EFEKTIVITAS BIOAKTIVATOR Trichoderma Sp. Dan Mikoriza Arbuskular (FMA) DALAM MENEKAN Layu Fusarium, PERTUMBUHAN DAN HASIL PADA BEBERAPA VARIETAS TANAMAN BAWANG MERAH (Allium AscalonicumL.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Azrin Hariyadi C1M014025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kendala budidaya bawang merah yaitu penyakit tumbuhan, terutama penyakit layu Fusarium yang disebabkan oleh cendawan Fusarium oxysporum sp. cepae. Pengendalian dengan pengaplikasian bioaktivator dan FMA adalah salah satu cara yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas bioaktivator Trichoderma spp. dan FMA terhadap pertumbuhan, hasil dan kejadian penyakit layu Fusarium pada tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.). Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari dua faktor yaitu bioaktivator dan faktor varietas bawang merah. Terdapat empat aras perlakuan faktor bioaktivator dan faktor varietas terdiri dari tiga aras. Setiap perlakuan diulang 3 kali sehingga diperoleh 36 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum faktor bioaktivator Kombinasi Trichoderma spp. dengan FMA mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil bawang merah pada varietas Ampenan, dibandingkan dengan tanaman tanpa bioaktivator. Terhadap persentase kejadian penyakit terjadi interaksi antara faktor bioaktivator dan FMA sehingga mampu menekan dan mengurangi kejadian penyakit pada tanaman bawang merah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Bawang Merah (Allium ascalonicum L), Bioaktivator Trichoderma spp., FMA.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:39
Last Modified: 27 Jul 2020 08:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16338

Actions (login required)

View Item View Item