PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP HAK INFORMASI PRODUK E-LIQUID (CAIRAN KHUSUS) PADA ROKOK ELEKTRIK DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF

ARYA, ZULFAR RONALDY (2020) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP HAK INFORMASI PRODUK E-LIQUID (CAIRAN KHUSUS) PADA ROKOK ELEKTRIK DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARYA ZULFAR RONALDY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan perlindungan hukum bagi konsumen terhadap hak informasi produk e-liquid pada rokok elektrik menurut hukum positif dan untuk menjelaskan tanggung jawab hukum terhadap pelaku usaha cairan rokok elektrik yang tidak memberikan informasi dan petunjuk penggunaan produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah normatif. Hasil penelitian dari pembahasan ini yaitu berupa perlindungan hukum preventif terhadap konsumen dari peredaran produk e-liquid pada cairan rokok elektrik dengan cara memberi peringatan dan pembinaan terhadap pelaku usaha serta melakukan pemusnahan terhadap barang atau produk yang tidak mencantumkan label dan produk tersebut telah kadaluarsa. Sedangkan perlindungan hukum represif dengan cara melakukan pemeriksaan terhadap pelaku usaha yang melakukan pelanggaran dan penyitaan produk sebagai barang bukti. Selanjutnya tanggung jawab hukum terhadap pelaku usaha yang melakuan pelanggaran terdapat pada Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Pasal 19 yaitu pelaku usaha bertanggung jawab memberikan ganti rugi, ganti rugi tersebut berupa pengembalian uang atau sejenisnya, ganti rugi tersebut diberikan dalam waktu tujuh hari setelah tanggal transaksi, ganti rugi tersebut tidak menghapuskan adanya tuntutan pidana, dan ketentuan Pasal tersebut tidak berlaku apabila kesalahan tersebut dilakukan oleh konsumen apa bila terbukti.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Produk E-Liquid Pada Rokok Elektrik
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:39
Last Modified: 27 Jul 2020 08:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16339

Actions (login required)

View Item View Item