PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KREATIVITAS ILMIAH PESERTA DIDIK SMP

NINA, NISRINA (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KREATIVITAS ILMIAH PESERTA DIDIK SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Other (Nina Nisrina)
NINA NISRINA (I2E018019).rar
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran saat ini membutuhkan bahan ajar IPA yang mendukung proses belajar peserta didik dan memfasilitasi keterampilan abad 21 yakni literasi sains dan kreativitas ilmiah. Agar mampu menjadikan peserta didik yang unggul dalam literasi sains dan kreativitas ilmiah dibutuhkan bahan ajar IPA yang terintegrasi dengan pendekatan pembelajaran berbasis teknologi yakni blended learning. Penelitian & Pengembangan (R&D) dengan model 4D ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar IPA kemagnetan berbasis blended learning yang layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi sains dan kreativitas ilmiah peserta didik SMP. Hasil validasi dari bahan ajar yang dikembangkan adalah sebagai berikut: buku ajar IPA berbasis blended learning, RPP, LKPD, instrumen literasi sains serta instrumen kreativitas ilmiah dengan kategori sangat valid. Uji coba terbatas dari bahan ajar ini memberikan hasil sangat praktis dan analisis respon peserta didik pada kategori sangat setuju. Selain itu, instrumen literasi sains dan kreativitas ilmiah divalidasi secara empirik dan memberikan hasil valid dan reliabel. Setelah proses revisi, dilakukan uji skala luas pada dua sekolah dengan 136 peserta didik dan dianalisis efektivitas bahan ajar terhadap literasi sains dan kreativitas ilmiah. Data dianalisis dengan menggunakan uji N-gain untuk mengetahui peningkatan literasi sains dan kreativitas ilmiahnya. Hasil menunjukkan bahwa bahan ajar IPA berbasis blended learning berhasil meningkatkan literasi sains dengan kategori sedang untuk persentase skor N-gain yang diperoleh. Hasil juga menunjukkan bahwa skor N-gain untuk kreativitas ilmiah berada pada kategori sedang sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA berbasis blended learning dapat meningkatkan literasi sains dan kreativitas ilmiah peserta didik SMP pada materi keamgnetan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Bahan Ajar IPA, Blended Learning, Literasi Sains, dan Kreativitas Ilmiah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:39
Last Modified: 27 Jul 2020 08:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16341

Actions (login required)

View Item View Item