NOVICE TEACHERS’ CONCERNS IN THEIR TEACHING PRACTICE

CHRISTIANA, AGNESA KEWA KLEDEN (2020) NOVICE TEACHERS’ CONCERNS IN THEIR TEACHING PRACTICE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan kekhawatiran guru pemula dalam praktik mengajar dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi mereka dalam praktik mengajar mereka. Kekhawatiran adalah pemikiran yang berlebihan, biasanya disertai dengan ketidaknyamanan dan kecemasan, dan menyebabkan seseorang menjadi terganggu, memusatkan pikirannya pada peristiwa-peristiwa negatif yang mungkin terjadi, dan dihantam oleh ketakutan yang tidak masuk akal dan tidak berdasar. Alasan untuk melakukan penelitian ini karena ini jarang dieksplorasi, kekhawatiran guru pemula dalam mengajar akan mempengaruhi minat siswa dalam pembelajaran di kelas dan pembelajaran mandiri, kekhawatiran guru pemula akan mempengaruhi minat siswa pada subjek dalam jangka panjang, hal-hal di luar kompetensi guru dapat dipertimbangkan sebagai kekhawatiran guru pemula, dan kekhawatiran guru pemula dapat menyebabkan mereka meninggalkan profesi ini. Panduan teoretis dalam analisis ini adalah kompetensi mengajar dari Kementrian Pendidikan Nasional, karakterisitik guru bahasa yang baik oleh Allen dan PCK. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara dengan dua puluh guru pemula yang berlatih mengajar dan yang sudah berlatih mengajar. Mereka adalah mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram. Berdasarkan data yang ditemukan, dapat disimpulkan bahwa guru pemula memiliki kekhawatiran mengenai kemampuan pedagogik, kemampuan interpersonal, kualitas kepribadian, pengetahuan teknis dan faktor-faktor lain yang membuat mereka tidak nyaman dan berpikir berlebihan. Kurangnya pengalaman di kelas besar, karakter atau kepribadian guru pemula, dampak lingkungan sosial dan latar belakang guru pemula memainkan peran dalam menciptakan kekhawatiran guru pemula. Para guru pemula dapat belajar untuk beradaptasi dan mengembangkan diri dengan menangani ketiga kontributor utama ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keywords: Concerns, Novice Teacher, Teaching Practice, Teachers' Competencies
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:37
Last Modified: 27 Jul 2020 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16367

Actions (login required)

View Item View Item