HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN SE-GUGUS II CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2019/2020

RISQY, AMALIAH (2020) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN SE-GUGUS II CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RISQY AMALIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V di SDN Se-Gugus II Cakranegara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Se-Gugus II Cakranegara yang berjumlah 163 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 115 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner dan dokumentasi. Sebelum melakukan uji hipotesis terlebih dahulu melakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas data dan uji linearitas data. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis meliputi uji korelasi Product Moment dan koefisien determinasi. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis, diperoleh rhitung sebesar 0,348 sedangkan rtabel sebesar 0,1832 pada taraf signifikansi 5% (0,348 > 0,183). Karena rhitung > rtabel dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN se-gugus II Cakranegara tahun ajaran 2019/2020 dengan kategori rendah. Besarnya kontribusi kebiasaan belajar tehadap hasil belajar matematika peserta didik sejumlah 12,11% dan 87.89% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Selanjutnya hasil analisis regresi linear menunjukkan bahwa model persamaanya adalah Y = 51,176 + 0,331 X. Dimana X adalah kebiasaan belajar dan Y adalah hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:36
Last Modified: 27 Jul 2020 08:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16373

Actions (login required)

View Item View Item