TINJAUAN YURIDIS PERKAWINAN LONDO IHA (SELARIAN) MENURUT HUKUM POSITIF INDONESIA. HUKUM POSITIF INDONESIA YAITU MENURUT HUKUM ADAT, UU PERKAWINAN DAN KHI (Studi di Kabupaten Dompu)

TAUFIKURAHMAN, TAUFIKURAHMAN (2020) TINJAUAN YURIDIS PERKAWINAN LONDO IHA (SELARIAN) MENURUT HUKUM POSITIF INDONESIA. HUKUM POSITIF INDONESIA YAITU MENURUT HUKUM ADAT, UU PERKAWINAN DAN KHI (Studi di Kabupaten Dompu). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_TAUFIKURRAHMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuktikan bahwaselarian (londo iha)banyak mengalami pergeseran nilai dan praktik Pertama, pandangan masyarakat biasa, yang mengatakan bahwa selarian (londo iha) tidak ada masalah selama dilakukan dengan ketentuan adat dan ajaran agama. Kedua, pandangan kaum terdidik, mereka lebih melihat pada dampak dari mulai proses awal sampai akhir. Sehingga sebaiknya perlu dicarikan alternatif yang lebih sederhana dan baik untuk menghindari dampak negatif yang muncul. Terkait Pandangan Hukum Perkawinan Islam dapat disimpulkan bahwa terjadi kesenjangan antara praktik selarian (londo iha) dengan ketentuan Hukum Islam baik itu dari sisi normatif maupun keutuhan rumah tangganya. Oleh karena itu menurut kajian Hukum Islam adat tersebut merupakan tradisi yang kurang baik. Akhirnya selarian (londo iha) dapat dipandang sebagai adat yang tidak baik keberadaannya ditengah-tengah masyarakat Suku Dompu/Mbojo, sehingga tradisi selarian (londo iha) perlu dipertimbangkan kembali.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Selarian (Londo iha), Perkawinan selarian,
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:34
Last Modified: 27 Jul 2020 08:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16386

Actions (login required)

View Item View Item