ANALISIS TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA OLEH ANAK YANG MENJADI KORBAN KEJAHATAN SEKSUAL (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 6/PID.SUS-ANAK/2019/PN.SBW)

Tamara, Ellynda Pratiwi (2020) ANALISIS TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA OLEH ANAK YANG MENJADI KORBAN KEJAHATAN SEKSUAL (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 6/PID.SUS-ANAK/2019/PN.SBW). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TAMARA ELLYNDA PERTIWI (D1A016300).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan dan penerapan sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana pembunuhan berencana oleh anak yang menjadi korban kejahatan seksual pada Putusan Nomor 6/Pid.Sus-Anak/Pn.Sbw. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif. Hasil penelitian ini adalahpertimbangan hukum oleh hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap anak berdasarkan pertimbangan yuridis maupun non yuridis, dengan demikian penerapan sanksi pidana oleh penuntut umum yaitu 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan, dan memutuskan pidana penjara untuk anak selama 4 (empat) tahun oleh hakim yanberat dan tidak adil bagi anak. Seharusnya anak dipidana penjara selama 2 (dua) tahun saja melihat latar belakang anak melakukan tindak pidana dikarenakan sebagai korban kejahatan seksual oleh korbannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Anak, Pembunuhan Berencana, Kejahatan seksual
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:33
Last Modified: 27 Jul 2020 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16387

Actions (login required)

View Item View Item