PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEKERJA WANITA DI PT. TUKAD MAS KOTA BIMA DITINJAU DARI UNDANG–UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN

MUHAMMAD, AKBAR (2020) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEKERJA WANITA DI PT. TUKAD MAS KOTA BIMA DITINJAU DARI UNDANG–UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Dokumen dari Muhammad Akbar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap pekerja wanita terhadap hak-hak pekerja wanita saat bekerja seperti perlindungan jam kerja, perlindungan dari segi upah, perlindungan dalam masa haid (menstruasi), perlindungan dalam masa hamil, melahirkan, dan kesemempatan menyusui, serta perlindungan terhadap segala bentuk diskriminasi terhadap wanita, di PT. Tukad Mas Kota Bima dan untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi perlindungan kerja bagi pekerja wanita. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan perundang- undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan sosiologis. Hasil penelitian dari pembahasan bahwa perlindungan hukum terhadap pekerja wanita terkait hak-hak pekerja wanita, dalam hal yang menyangkut hak biologis belum dicantumkan dalam perjanjian kerja bersama sehingga hak-hak pekerja wanita belum sepenuhnya terpenuhi di PT. Tukad Mas Kota Bima sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945, Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, dan Undang-Undang Nomor 7 tahun 1984 tentang Konvensi CEDAW. Faktor yang mempengaruhi perlindungan kerja bagi pekerja wanita pada PT. Tukad Mas Kota Bima yaitu kurangnya kesadaran dari pihak pemberi kerja dan penerima kerja akan betapa pentingnya perlindungan terhadap tenaga kerja sehingga dapat mendukung dan menopang kemajuan dari kualitas tenagakerja itu sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Pekerja Wanita, PT. Tukad Mas Kota Bima.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:33
Last Modified: 27 Jul 2020 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16389

Actions (login required)

View Item View Item