PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

PUSPITASARI, BAIQ LAELA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. S3 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
3. BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan Non-equivalent Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pringgarata. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling. Uji hipotesis menggunakan uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan (1) Fhitung < Ftabel (0.281 < 3.996) maka H0 diterima, tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif TAI berbeda dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen 7.10 dan di kelas kontrol sebesar 7.69. (2) Fhitung < Ftabel (1.158 < 3.996) maka H0 diterima, tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif TAI berbeda dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 56.77 dan kelas kontrol 60.77.

Item Type: Thesis (S3)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kimia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Mar 2018 04:01
Last Modified: 24 Mar 2018 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1639

Actions (login required)

View Item View Item