PERALIHAN HAK ATAS TANAH KEPADA WARGA NEGARA ASING (WNA) MELALUI PERJANJIAN NOMINEE (Analisis Putusan Pengadilan Negeri Mataram Nomor : 16/PDT.G/2013/PN.MTR)

HARISA, AUDIVIA YUANDINI (2020) PERALIHAN HAK ATAS TANAH KEPADA WARGA NEGARA ASING (WNA) MELALUI PERJANJIAN NOMINEE (Analisis Putusan Pengadilan Negeri Mataram Nomor : 16/PDT.G/2013/PN.MTR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kekuatan mengikat perjanjian nominee dalam penguasaan hak milik atas tanah oleh Warga Negara Asing dan untuk membuktikan mengenai peralihan hak atas tanah yang dilakukan di dalam perjanjian nominee termasuk perbuatan melawan hukum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa putusan hakim memandang sah perjanjian nominee dalam penguasaan hak milik atas tanah oleh Warga Negara Asing. Namun, perjanjian nominee merupakan perjanjian yang tidak sah di hadapan hukum, karena melanggar salah satu syarat sah perjanjian yaitu sebab yang halal. Sebab yang halal yang dimaksud adalah Asas Nasionalitas yang terdapat dalam UUPA. Penulis menyarankan majelis hakim dalam pertimbangan putusannya seharusnya menegaskan bahwa hak milik atas tanah di Indonesia hanya dapat dimiliki oleh orang yang berkewarnegaraan Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Hak Atas Tanah, Perjanjian Nominee.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:33
Last Modified: 27 Jul 2020 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16390

Actions (login required)

View Item View Item