INTEGRASI PENDIDIKAN NONFORMAL DENGAN MITIGASI BENCANA PASCA GEMPA BUMI DI DESA GONDANG KECAMATAN, GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA

Nina, Parwati (2020) INTEGRASI PENDIDIKAN NONFORMAL DENGAN MITIGASI BENCANA PASCA GEMPA BUMI DI DESA GONDANG KECAMATAN, GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NINA PARWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang gempa bumi di Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara integrasi Pendidikan Nonformal Dengan Mitigasi Bencana Pasca Gempa yang terjadi di Lombok. Desa Gondang merupakan salah satu desa yang mengalami kerusakan terparah akibat gempa dan bertahan di pengungsian pada waktu lama. Masyarakat bersama dengan relawan dari berbagai unsur melakukan program tanggap darurat dan pemulihan pasca gempa. Adapun rumusan penelitian ini adalah bagaimana integrasi pendidikan nonformal dengan mitigasi bencana pasca gempa bumi di desa Gondang. Penelitian ini untuk memgetahui manfaat pendidikan nonformal Dengan mitigasi bencana menggunakan teori Max Weber tindakan social. Metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan interperetatif dan pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Peneliti menguji validitas data dengan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa integrasi pendidikan nonformal dengan mitigasi bencana pasca terjadinya gempa bumi di desa Gondang Kec Gangga Lombok Utara. Integrasi pendidikan nonfromal dengan mitigasi bencana pasca gempa bumi di desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Yaitu bersama ACT dengan lebih mengedepankan nilai-nilai keagamaan, terutama ahlak mendekatkan diri kepada Allah SWT. Supaya masyarakat siap menghadapi bencana yang dihadapi, sehingga rasa trauma akan sendirinya menghilang terutama terhadap anak-anak Manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dalam integerasi pendidikan nonformal yaitu perubahan perilaku masyarakat bertambah baik akhlaknya, menumbuhkan kesadaran untuk beribadah, perilaku lebih religius baik orang tua maupun anak- anak lebih terbuka dan perduli antar sesama saling melihat, saling menyapa. Kepercayaan terhadap sesama anggota masyarakat sering berkumpul bersama- sama untuk mengaji.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Integasi, pendidikan, nonformal, mitigasi, bencana
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:33
Last Modified: 27 Jul 2020 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16396

Actions (login required)

View Item View Item