PELAKSANAAN PERJANJIAN JUAL BELISECARA IJON DI KECAMATAN SUKAMULIA KABUPATEN LOMBOK TIMUR DITINJAU DARI PERSPEKTIF KUHPERDATA

RAHENI, RAHENI (2020) PELAKSANAAN PERJANJIAN JUAL BELISECARA IJON DI KECAMATAN SUKAMULIA KABUPATEN LOMBOK TIMUR DITINJAU DARI PERSPEKTIF KUHPERDATA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RAHENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan diDesa Sukamulia Timur Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaanperjanjian jual beli ijon di Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur dan mengetahui kedudukan hukum perjanjian jual beli Ijon menurut KUHPerdata.Penelitian ini merupakan penelitian Hukum Normatif-Empiris penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder.Pelaksanaan perjanjian ijon di Desa Sukamulia Timur Kabupaten Lombok Timur, sebagian besar melakukan perjanjian ijon untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Dalam praktek jual beli padi dengan cara ijon di desa Sukamulia Timur ini tidak menggunakan perjanjian tertulis hanya menggunakan akad saling percaya antara petani dengan penendak (pembeli). Kedudukan Hukum Perjanjian jual beli Ijon terdapat dalam pasal 1334 ayat 1 KUHPerdata.Dibolehkan untuk mengadakan jual beli terhadap barang yang belum ada pada saat perjanjian tersebut dibuat, seperti jual beli padi yang baru akan ditanam tahun depan atau jual beli padi yang saat itu masih ditangan orang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perjanjian, Jual Beli, Ijon
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:33
Last Modified: 27 Jul 2020 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16397

Actions (login required)

View Item View Item