PENGARUH KONSENTRASI KARAGENAN DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP VIABILITAS Lactobacillus acidophilus SEBAGAI PROBIOTIK DAN SIFAT SENSORIS COCOGHURT

KARLINA, HARTINI KARLINA HARTINI KARLINA HARTINI (2020) PENGARUH KONSENTRASI KARAGENAN DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP VIABILITAS Lactobacillus acidophilus SEBAGAI PROBIOTIK DAN SIFAT SENSORIS COCOGHURT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KARLINA HARTINI (J1A016046).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)

Abstract

Yoghurt pada umumnya dibuat dari susu sapi dan menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus sebagai starter. Untuk mendapatkan manfaat dan efek nutrisi yang lebih baik dilakukan penambahan bakteri L. acidophillus yang bersifat probiotik dan penambahan karagenan yang mengandung galaktooligosakarida sebagai sumber prebiotik sehingga dapat menstimulasi pertumbuhan bakteri dan mempertahankan viabilitas probiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi karagenan dan lama fermentasi terhadap viabilitas probiotik dan sifat sensoris cocoghurt. Penelitian menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor dimana faktor pertama adalah konsentrasi karagenan dan faktor kedua adalah lama fermentasi. Setiap faktor terdiri dari tiga perlakuan yaitu konsentrasi karagenan 0%, 0.5%, dan 1% dengan faktor lama fermentasi 0 jam, 6 jamdan12jamyangdilakukanpengulangansebanyak3kalisehinggadiperoleh 27 unit percobaan. Parameter yang diamati meliputi total BAL, viabilitas L.acidophilus, nilai pH, nilai viskositas dan organoleptik (hedonik dan skoring). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan karagenan sebesar 1% dengan lama fermentasi 6 jam memberikan viabilitas terbaik sebesar 106,909%, total BAL 1.17 x 109 CFU/ml, nilai pH 6.15 dan nilai viskositas 4866.67 mPa.s dengan penerimaan secara hedonik berada pada kriteria agak suka dengan rasa asam, aroma asam, mouthfeel smoothness agak lembut dan mouthfeel sandyness berpasir.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Cocoghurt, Karagenan, Lactobacillus acidophilus, Viabilitas.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:30
Last Modified: 27 Jul 2020 08:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16398

Actions (login required)

View Item View Item