PENGARUH METODE PERMAINAN KATA BERBANTUAN MEDIA PASS PICTURE DAN KEBIASAAN BERBAHASA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Sidqi, Hasbi (2017) PENGARUH METODE PERMAINAN KATA BERBANTUAN MEDIA PASS PICTURE DAN KEBIASAAN BERBAHASA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS OK.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode permainan kata berbantuan media Pass Picture dan kebiasaan berbahasa terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Keruak. Sampel penelitian sebanyak 100 orang sisiwa yang ditentukan melalui teknik Stratifikcation random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode permaianan kata berbantuan media Pass Picture (X1) dan kebiasaan berbahasa (X2), penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) (Y), pengumpulan data dengan cara memberikan uji kemampuan pada kelompok eksperimen dengan menggunakan media Pass Picture dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan berpanduan RKH dan yang terakhir memberikan postest dan pretest pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan dari pembuktian kemampuan siswa yang terbiasa berbahasa rendah (daerah) dengan metode permainan kata berbantuan media Pass Picture sebesar 76,29 lebih tinggi daripada skor siswa yang terbiasa berbahasa Indonesia tanpa penerapan metode permainan kata dengan skor 71,07 ( µA1B2 > µA2B1) dengan beda rerata 5,22. Sementara siswa yang kebiasaan berbahasa tinggi dan kebiasaan berbahasa rendah dengan penerapan metode permainan kata berbantuan media Pass Picture sebesar 80,23 dan tanpa penerapan metode permainan kata sebesar 68,75 dengan beda rerata 11,48. (µA1B1 A1B2 > A2B1 A2B2). Untuk siswa yang berbahasa tinggi dengan penerapan metode permainan kata berbantuan media Pass Picture sebesar 84,35 lebih baik daripada tanpa penerapan metode permainan kata yaitu 71,07 (µA1B1 > µA2B1) dengan beda rerata 13,28. Sedangkan sisiwa yang berbahasa rendah dengan penerapan metode permainan kata berbantuan media Pass Picture dengan skor sebesar 76,29 lebih tinggi dengan tanpa penerapan metode permainan kata dengan skor sebesar 66,16 (µA1B2 > µA2B2) dengan beda rerata 10,13.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Penguasaan kosakata, Media Pass Picture, Metode Permainan Kata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 19 Aug 2017 07:50
Last Modified: 19 Aug 2017 07:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item