INTERAKSI SOSIAL PADA KUMPULAN CERPEN JENDELA CINTA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Arin, Nafiana (2020) INTERAKSI SOSIAL PADA KUMPULAN CERPEN JENDELA CINTA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BISMILLAH_SKRIPSI_ARIN NAFIANA_E1C016006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk interaksi sosial dalam ketujuh cerpen pada kumpulan cerpen Jendela Cinta karya Fahri Asiza dkk. dan (2) mendeskripsikan pemanfaatan cerpen dalam kumpulan cerpen Jendela Cinta sebagai pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik deskriptif analitis yang meliputi pengidentifikasian, pengklasifikasian, dan penyimpulan pada data-data yang terkumpul dari kumpulan cerpen Jendela Cinta karya Fahri Asiza dkk. dengan pendekatan sosiologi sastra, yakni teori interaksi sosial Georg Simmel. Bentuk interaksi sosial dalam teori ini berupa superordinasi dan subordinasi, pertukaran, konflik, prostitusi, dan sosiabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan 37 data dengan rincian data 8 bukti data superordinasi dan subordinasi, 6 bukti data pertukaran, 11 bukti data konflik, 3 bukti data prostitusi, dan 9 bukti data sosiabilitas. Pada bentuk interaksi superordinasi dan subordinasi satu di antaranya tergambar dalam hubungan antara tokoh majikan dan tokoh pembantu pada cerpen berjudul “Dia!”, bentuk pertukaran salah satunya tampak melalui tokoh Ratna dan ketiga adiknya pada cerpen “Malam Biru” saat bertukar informasi, bentuk konflik ditemukan satu di antaranya dalam perselisihan antara GAM dan TNI di Aceh yang diceritakan dalam cerpen “Terapung” dan “Bidadari Kecilku”, bentuk prostitusi ditemukan dalam cerpen “Bulan Mengapung” melalui tokoh Parjo dan teman-temannya, dan bentuk sosiabilitas satu di antaranya tergambar melalui keramahan tokoh Aminah dalam cerpen “Jendela Cinta”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: interaksi sosial, superordinasi dan subordinasi, pertukaran, konflik, prostitusi, sosiabilitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:49
Last Modified: 03 Aug 2020 01:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16409

Actions (login required)

View Item View Item