PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SAKSI KORBAN DALAM PROSES PENYIDIKAN TINDAK PIDANA INFORMASI TRANSAKSI ELEKTRONIK (CYBER CRIME) (Studi Di Polda Nusa Tenggara Barat)

ANINDITHA, ELENA KIRANA (2020) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SAKSI KORBAN DALAM PROSES PENYIDIKAN TINDAK PIDANA INFORMASI TRANSAKSI ELEKTRONIK (CYBER CRIME) (Studi Di Polda Nusa Tenggara Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ELENA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi perlindungan hukum terhadap saksi korban dalam proses penyidikan tindak pidana informasi transaksi elektronik (Cyber Crime) di Polda NTB berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Saksi dan Korban. Penelitian ini penelitian empiris, menggunakan metode pendekatan konseptual, perundang-undangan dan sosiologis. Menggunakan data Primer dan data Sekunder. Analisis menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian : Perlindungan Hukum terdapat dalam Pasal 1 Butir (8), Pasal 8 Ayat (1), Pasal 9, Pasal 37 sampai dengan 42, Hak saksi korban dalam Pasal 5 Ayat (1), dan Implementasi perlindungan hukum di Polda NTB belum sepenuhnya memberikan : memperoleh perlindungan atas keamanan pribadi, keluarga, dan harta bendanya, serta bebas dari ancaman yang berkenaan dengan kesaksian yang akan, sedang, atau telah diberikannya, Ikut serta dalam proses memilih dan menentukan bentuk perlindungan dan dukungan keamanan, mendapat penerjemah, mendapat informasi mengenai perkembangan kasus sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Saksi dan Korban, hal tersebut dikarenakan kendala baik internal maupun eksternal Polda Nusa Tenggara Barat. Kemampuan aparat perlu ditingkatkan untuk memberikan perlindungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perlindungan Saksi Korban, Tindak Pidana, Cyber Crime
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:49
Last Modified: 03 Aug 2020 01:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16413

Actions (login required)

View Item View Item