PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA PEMBELAJARAN MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA 2 SMAN 1 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Apryani, Isnarani (2017) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA PEMBELAJARAN MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA 2 SMAN 1 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPA 2 SMAN 1 Labuapi pada pembelajaran materi program linear tahun pelajaran 2017/2018. Aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas tersebut masih rendah, sehingga diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dianggap cocok untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah dengan menerapkan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Pendekatan pembelajaran ini mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang telah dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang mengakibatkan pembelajaran lebih bermakna sehingga menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu aktivitas siswa berkategori aktif dan hasil belajar dikatakan meningkat apabila ketuntasan klasikal mencapai 85% dengan KKM 75. Hasil penelitian menunujukan bahwa aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II secara berturut-turut berkategori aktif dan sangat aktif. Ketuntasan klasikal tercapai pada siklus II yaitu 89,47% . Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada pembelajaran materi program linear dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPA 2 SMAN 1 Labuapi tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): aktivitas, hasil belajar, pendekatan kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Mar 2018 04:01
Last Modified: 24 Mar 2018 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item View Item