PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK DAUN PEGAGAN (Centella asiatica) TERHADAP LAMA SIMPAN SRIKAYA JAJANAN TRADISIONAL KHAS DOMPU

MEGA, ALIFAH MAGMA (2020) PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK DAUN PEGAGAN (Centella asiatica) TERHADAP LAMA SIMPAN SRIKAYA JAJANAN TRADISIONAL KHAS DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MEGA ALIFAH MAGMA J1A 016 064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kue srikaya merupakan kue tradisional semi basah yang memiliki daya simpan yang rendah. Salah satu alternative yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya simpan kue srikaya adalah dengan pengawetan menggunakan antimikroba alami. Penggunaan antimikroba alami telah banyak dilakukan, salah satunya adalah daun pegagan (Centella asiatica). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak daun pegagan terhadap daya simpan kue srikaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal (konsentrasi: 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, dan 25%) yang diulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 18 unit percobaan. Parameter yang diamati yaitu sifat kimia (kadar air dan kadar protein), sifat mikrobiologi (total mikroba) dan sifat organoleptik dengan analisis keragaman taraf nyata 5% menggunakan Co-stat. Apabila terdapat beda nyata, maka dilakukan uji lanjut Polynomial Orthogonal (parameter kimia), uji Beda Nyata Jujur (parameter organoleptik), sedangkan untuk parameter mikrobiologis dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi ekstrak daun pegagan memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap kadar air, kadar protein dan organoleptik (skoring dan hedonic) pada 0 jam, 24 jam dan 48 jam. Kue srikaya dengan penambahan konsentrasi ekstrak 25% daun pegagan merupakan perlakuan terbaik yang mampu meningkatkan daya simpan kue srikaya hingga 24 jam dengan kadar air 62,64%, kadar protein sebesar 5,28% dan jumlah koloni mikroba 9,75 × 109 , serta aroma, rasa dan warna dapat diterima oleh panelis berdasarkan data uji organoleptik hedonik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: antimikroba, daun pegagan, daya simpan, kue srikaya
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:51
Last Modified: 03 Aug 2020 01:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16426

Actions (login required)

View Item View Item