RANCANG BANGUN APLIKASI KOHORT UNTUK DATA PESERTA KELUARGA BERENCANA (KB) BERBASIS WEBSITE DI PUSKESMAS PEJERUK DENGAN MENGGUNAKAN DJANGO FRAMEWORK

FATHUL, AZIZ (2020) RANCANG BANGUN APLIKASI KOHORT UNTUK DATA PESERTA KELUARGA BERENCANA (KB) BERBASIS WEBSITE DI PUSKESMAS PEJERUK DENGAN MENGGUNAKAN DJANGO FRAMEWORK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_FATHUL AZIZ_F1B114012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Untuk mempermudah sistem pencatatan dan pengisian Kohort data peserta Keluarga Berencana (KB) di Puskesmas yang masih dilakukan dengan pengisian secara manual. Ada berbagai macam metode pembuatan aplikasi kohort salah satunya dengan membuat Rancang Bangun Aplikasi Kohort yang Berbasis Website.Tujuan Penelitian ini untuk menghasilkan rancang bangun aplikasi kohort KB yang berbasis website untuk bidan yang diharapkan dapat mempersingkat waktu pencatatan dan pencarian data pasien Keluarga Berencana (KB) di Puskesmas. Metode penelitian ini membahas tentang website yang akan di gunakan untuk mengisi data dan membuat laporan kunjungan peserta keluarga berencana (KB) pada Puskesmas Pejeruk. Hasil Penelitian yang diperoleh berdasarkan metode pengujian yang dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan Mean Opinion Score (MOS) diperoleh nilai persentase keberhasilan sebesar 92,67% yang menunjukkan aplikasi dibuat sesuai dengan analisis kebutuhan pengguna serta dengan metode pengujian kecepatan waktu pengisian kohort secara manual membutuhkan waktu selama 33 menit dan aplikasi membutuhkan waktu 14 menit sehingga terdapat selisih waktu sebesar 19 menit dari pengisian data menggunakan cara manual dan dengan aplikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan rancang bangun aplikasi Kohort KB berbasis website dapat memperingkat waktu pencatatan dan pencarian data pasien pengguna KB di Puskesmas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kohort, Aplikasi, Website
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:52
Last Modified: 03 Aug 2020 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16429

Actions (login required)

View Item View Item