PENGARUH PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIGA TINGKATAN REPRESENTASI KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMAN 5 MATARAM

WAHYUNI, SRI (2017) PENGARUH PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIGA TINGKATAN REPRESENTASI KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMAN 5 MATARAM. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI KOMPLIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan multimedia pembelajaran berbasis tiga tingkatan representasi kimia terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan eksperimen semu atau quasi experimental design, pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 5 Mataram dimana kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 secara berurutan dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penerapan multimedia pembelajaran berbasis tiga tingkatan representasi kimia, dan kelas kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh merupakan hasil tes pilihan ganda. Hasil tes menunjukkan bahwa selisih nilai pretest-posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan selisih nilai pretest-posttest kelas kontrol dengan nilai masing- masing sebesar55,97 dan 50,97. Hasil uji hipotesis menggunakan gain uji-t menunjukkan bahwa H0 ditolak, sehingga penerapan multimedia pembelajaran berbasis tiga tingkatan representasi kimia memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid kelas XI IPA SMAN 5 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tiga tingkatan representasi, multimedia, koloid.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Mar 2018 04:01
Last Modified: 24 Mar 2018 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1643

Actions (login required)

View Item View Item