TINJAUAN TERHADAP KARAKTERISTIK ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE MENGGUNAKAN ASPAL MODIFIKASI GILSONITE BERDASARKAN NILAI PENETRATION INDEX

IRMANOPITA, APRIANI (2020) TINJAUAN TERHADAP KARAKTERISTIK ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE MENGGUNAKAN ASPAL MODIFIKASI GILSONITE BERDASARKAN NILAI PENETRATION INDEX. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR IRMANOPITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kerusakan jalan disebabkan oleh penggunaan agregat dan aspal yang tidak memenuhi spesifikasi sehingga mengakibatkan kinerja campuran berkurang. Gilsonite merupakan bahan substitusi yang dapat digunakan untuk memperbaiki sifat fisk aspal dimana memiliki kandungan asphaltene yang dapat meningkatkan titik lembek aspal. Penetration index merupakan nilai yang dapat memprediksi tingkat kepekaan aspal terhadap temperatur. Oleh karena itu, dilakukan penelitian mengenai karakteristik asphalt concrete wearing course menggunakan aspal modifikasi gilsonite berdasarkan nilai penetration index. Dengan tujuan untuk mengkaji adanya hubungan penetration index terhadap parameter volumetrik dan mekanis AC-WC. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data sekunder dari penelitian Wardoyo (2003) dan Rizal (2018) dengan substitusi gilsonite sebesar 0%, 1%, 2% dan 3%. Penelitian dilakukan dengan mengkaji, menganalisis dan membandingkan hubungan antara penetration index yang dihasilkan dari perhitungan dengan menggunakan persamaan Pfeiffer terhadap parameter volumetrik campuran berupa VIM, VMA, dan VFB serta parameter mekanis campuran berupa berat jenis campuran, density, stabilitas, flow, MQ, marshall immersion dan IKS. Berdasarkan analisa data, kenaikan penetration index pada penelitian Wardoyo (2003) dan Rizal (2018) mengakibatkan kenaikan MQ serta penurunan flow. Hubungan penetration index terhadap parameter lainnya menghasilkan pengaruh yang berbeda pada dua peneliti tersebut namun kenaikan dan penurunannya tidak signifikan dan masih memenuhi spesifikasi Bina Marga 2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : AC-WC, Penetration Index, Gilsonite
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:52
Last Modified: 03 Aug 2020 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16433

Actions (login required)

View Item View Item