PENGATURAN POPULASI TANAMAN DALAM SISTEM VERTIKULTUR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL UMBI BIBIT BAWANG MERAH (Allium ascalonicum. L)

Baiq, Lika Haruniyasmin (2020) PENGATURAN POPULASI TANAMAN DALAM SISTEM VERTIKULTUR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL UMBI BIBIT BAWANG MERAH (Allium ascalonicum. L). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ IKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaturan populasi tanaman umbi bibit bawang merah dalam sistem vertikultur. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan September sampai dengan Desember 2019 di Pagutan Permai, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 3 (tiga) perlakuan. Perlakuan 10 cm, 15 cm, dan 20 cm diulang sebanyak 4 (empat) kali, sehingga diperoleh 12 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaturan populasi tanaman bawang merah menggunakan sistem vertikultur sangat efisien. Perlakuan pengaturan populasi tanaman terhadap sistem vertikultur sangat berpengaruh pada parameter laju pertambahan tinggi tanaman, laju pertambahan jumlah daun, berat basah total, berat kering angin total, berat basah umbi, berat kering angin umbi, berat basah daun, berat kering angin daun, diameter umbi, dan panjang umbi. Sedangkan yang tidak berpengaruh terhadap perlakuan pengaturan populasi tanaman terhadap sistem vertikultur yaitu parameter jumlah anakan. Pembentukan umbi pada jarak tanam 20 cm memberikan bobot yang besar namun memperoleh anakan yang sedikit. Sedangkan jarak tanam 10 cm dan 15 cm memperoleh daun yang banyak dan pertumbuhan tanamannya bagus namun memperoleh umbi yang banyak dan bobot yang kecil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : bawang merah, populasi tanaman, vertikultur.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:47
Last Modified: 03 Aug 2020 01:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16443

Actions (login required)

View Item View Item