PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BATUKLIANG TAHUN AJARAN 2019/2020

NURUL, ISNAWATI (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BATUKLIANG TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Batukliang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen (quasi-experimental design) dengan factorial 2x2. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Batukliang tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menerapkan pembelajaran discovery learning pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Data diambil menggunakan tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan angket untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan. Hasil tes akhir hasil belajar peserta didik kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,00 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 57,74. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji anava dua jalan menggunakan bantuan IBM SPSS 23 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik; 2) terdapat pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar peserta didik; serta 3) tidak terdapat interaksi antara model discovery learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : model discovery learning, motivasi belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:37
Last Modified: 10 Aug 2020 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16463

Actions (login required)

View Item View Item