PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR ERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA DAN MA DI KECAMATAN KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020

Agnia, Savitri (2020) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR ERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA DAN MA DI KECAMATAN KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AGNIA SAVITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh lingkungan sekolah dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA dan MA di kecamatan Kediri tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh sekolah SMA dan MA di kecamatan Kediri tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel 4 sekolah yaitu SMAN 1 Kediri, MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri, MA Yusuf Abdussatar dan MA NW Selaparang Kediri yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner lingkungan sekolah dan minat belajar siswa kemudian tes soal untuk melihat hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data yang diperoleh, terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA dan MA di kecamatan Kediri yaitu sebesar 13,1%, terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA dan MA di kecamatan Kediri sebesar 5% dan dan terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah dan minat belajar siswa kelas X SMA dan MA di kecamatan secara bersama-sama sebesar 14,3%. Dari penelitian ini terlihat pula bahwa lingkungan sekolah SMA dan MA di kecamatan kediri dalam kategori baik dan minat belajar siswa kelas X SMA dan MA di kecamatan Kediri dalam kategori tinggi dengan hasil belajar yang sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:37
Last Modified: 10 Aug 2020 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16467

Actions (login required)

View Item View Item