ANALISA PENGARUH JENIS REFRIGRANT TERHADAP LAJU PENGERINGAN PAKAIAN DENGAN MENGGUNAKAN ENERGI PANAS BUANGAN KONDENSOR AIR CONDITIONER

Pauzi Putra, Muh. (2020) ANALISA PENGARUH JENIS REFRIGRANT TERHADAP LAJU PENGERINGAN PAKAIAN DENGAN MENGGUNAKAN ENERGI PANAS BUANGAN KONDENSOR AIR CONDITIONER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Sampai massa sekarang ini AC (air conditioner) hanya digunakan sebagai alat pendingin ruangan saja padahal terdapat energi panas yang terbuang dari kondensor yang dapat dimanfaatkan kembali. Terkait hal itu dibuatlah alat pengering pakaian dengan memanfaatkan panas buang dari kondensor sebagai sumber panas dengan memvariasikan jenis refrigrant yang digunakan pada mesin AC untuk menganalisa performansi laju pengering pakaian menggunakan panas buang kondensor. Hasil yang didapat dari pengujian proses pengeringan adalah laju pengeringan, laju aliran massa udara, laju energi yang masuk ke lemari pengering dan efisiensi pengeringan. Pengujian dilakukan dengan tiga jenis refrigrant yaitu R-22, R-32, dan R-410a dan pada masing-masing refrigrant akan diberi beban pengeringan 15 buah pakaian berjenis kaos. Dari hasil penelitian didapatkan laju pengeringan tertinggi didapat saat menggunakan refrigrant R-32 dengan rata-rata 0,022 kg/menit dengan waktu pengeringan 60 menit dan efisiensi pengeringan 23,016 % sedangkan efisiensi pengeringan tertinggi didapat oleh refrigrant R-22 dengan 35,700 % dengan laju pengeringan hanya 0,018 kg/menit dan waktu pengeringan mencapai 75 menit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : kondensor, pengeringan, refrigrant, laju pengeringan, efisiensi pengeringan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:38
Last Modified: 10 Aug 2020 03:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16468

Actions (login required)

View Item View Item