PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM YANG BERBEDA DAN MACAM PUPUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)

Zamil, Husin (2020) PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM YANG BERBEDA DAN MACAM PUPUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
[SKRIPSI] PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM YANG BERBEDA DAN MACAM PUPUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi media tanam dan macam pupuk terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada (Lactuca sativa L.). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus 2019, bertempat di Dusun Iting, Desa Kuripan, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan percobaan di dalam Screen House. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah berbagai komposisi media tanam yang terdiri dari 4 aras yaitu: 50% limbah media jamur tiram + 50% tanah, 25% limbah media jamur tiram + 25% kompos serbuk tongkol jagung + 50% tanah, 12,5% limbah media jamur tiram + 37,5% kompos serbuk tongkol jagung + 50% tanah, 50% kompos serbuk tongkol jagung + 50% tanah dan faktor kedua adalah berbagai macam pupuk yang terdiri dari 4 aras yaitu: tanpa pupuk, pupuk ExtraGEN dengan konsntrassi 3 ml/liter, D.I Grow dengan konsentrasi 3 ml/liter, pupuk NPK Phonska (15:15:15) dengan dosis 0,11 g/polybag. Setiap perlakuan diulang sebanyak 4 kali, sehingga diperoleh 64 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara media tanam dengan macam pupuk berpengaruh nyata terhadap parameter jumlah daun. Perlakuan macam pupuk cair berpengaruh nyata terhadap semua parameter hasil tanaman selada kecuali pada pertumbuhan bobot basah akar dan seluruh parameter pertumbuhan. Sedangkan perlakuan media tanam berpengaruh nyata terhadap semua parameter pertumbuhan dan berpengaruh tidak nyata terhadap semua parameter hasil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Media tanam, macam pupuk, limbah media jamur tiram, tanaman selada
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:38
Last Modified: 10 Aug 2020 03:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16470

Actions (login required)

View Item View Item