PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 JONGGAT

ASMINI, ASMINI (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 JONGGAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi ASMINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran model penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jonggat. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design dalam bentuk rancangan pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jonggat yang berjumlah 121 orang dan tersebar dalam 5 kelas MIPA, di antara 5 kelas tersebut terdapat 1 kelas unggulan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran model penemuan terbimbing (guided discovery), sedangkan kelas kontrol diberi perlakukan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (1.940) < ttabel (2.003) yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil uji statistik kedua kelas sampel menunjukkan bahwa pembelajaran model penemuan terbimbing (guided discovery) tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jonggat. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pembelajaran model penemuan terbimbing (guided discovery) berdampak positif dalam meningkatkan keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran kimia pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jonggat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pembelajaran Model Penemuan Terbimbing (Guided Discovery), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:38
Last Modified: 10 Aug 2020 03:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16471

Actions (login required)

View Item View Item