PENGARUH KERAPATAN TANAMAN PADA POLA TUMPANG SARI JAGUNG KEDELAI YANGDIINOKULASI MIKORIZADAN PENAMBAHAN PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DI LAHAN KERING LOMBOK UTARA

Novila, Dwi Andini (2020) PENGARUH KERAPATAN TANAMAN PADA POLA TUMPANG SARI JAGUNG KEDELAI YANGDIINOKULASI MIKORIZADAN PENAMBAHAN PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DI LAHAN KERING LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permintaan kedelai dan jagung cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya. Meningkatnya kebutuhan konsumsi akan kedelai dan jagung ini maka perlu dilakukannya import untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Untuk memenuhi kebutuhan akan jagung dan kedelai perlu dilakukan divesifikasi lahan dengan teknik tumpang sari dan pemberian bahan organik. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kerapatan tanaman pada pola tumpang sari jagug kedelai yang dilnokulasi mikoriza dan penambahan pupuk organik terhadap pertumbuhan dan hasil jagung kedelai di lahan kering lombok utara telah di lakukan pada bulan maret hingga juni 2019 yang berlokasi di dusun balai dana desa pemenang barat kecamatan pemenang, kabupaten lombok utara. Rancanganpercobaan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) dengan perlakuan 5 pola tumpang sari, P1= 2 baris jagung : 2 baris kedelai, P2= 3 baris jagung : 2 baris kedelai, P3= 3 baris jagung : 3 baris kedelai, P4= 4 baris jagung : 2 baris kedelai, P5= 4 baris jagung : 3 baris kedelai. Data penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam atau (ANOVA) jika perlakuan ada yang berbeda nyata akan di uji lanjut dengan menggunkan uji beda nyata (BNT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kerapatan tanaman tumpang sari 3 baris jagung : 3 baris kedelai menunjukkan nilai pertumbuhan dan hasil tertinggi, dan kerapatan tanaman tumpang sari 3 baris jagung : 3 baris kedelai dapat meningkatkan jumlah spora dan persentase infeksi mikoriza dibandingkan dengan perlakuan tumpang sari lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Jagung, Kedelai, Mikoriza.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:40
Last Modified: 10 Aug 2020 03:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16475

Actions (login required)

View Item View Item