HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM KERJA DENGAN KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN 2019

R A T N O, R A T N O (2020) HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM KERJA DENGAN KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN 2019. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS FULL RATNO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah tahun 2019. Populasi Penelitian Survey adalah seluruh guru SMP Negeri di Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah yang berstatus Pegawai Negeri Sipil berjumlah 80 guru. Sampel penelitian berjumlah 50 orang yang diambil dengan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji regresi dan korelasi. Hasil penelitian adalah: 1) terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah dengan kontribusi sebesar 69,06%, artinya bahwa semakin kondusif dan efektif kepemimpinan kepala sekolah, maka kinerja guru semakin baik, 2) terdapat hubungan antara iklim kerja dengan kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah dengan kontribusi sebesar 57,40% artinya bahwa semakin meningkat kondusif iklim kerja, maka kinerja guru juga akan semakin meningkat, 3) terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah dengan kontribusi sebesar 73,44%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin kondusif kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja, maka kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah juga semakin baik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Survey, proportionate random sampling, regresi dan korelasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:46
Last Modified: 13 Aug 2020 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16487

Actions (login required)

View Item View Item