PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA SMAN 3 MATARAM

HARUMAN, HARUMAN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA SMAN 3 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HARUMAN (E1S014021).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Audio Visual terhadap hasil belajar sosiologi siswa SMAN 3 Mataram. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi Kelas X1 SMAN 3 Mataram. Sampel penelitian ini adalah peserta didik pada Kelas XI IPS PC sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk pilhan ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan Media Audio Visual mempengaruhi hasil belajar Sosiologi di SMAN 3 Mataram. Hasil uji-t menunjukan bahwa hasil belajar diperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 2,18>1,99. Artinya bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai kelas Kontrol. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan Media Audio Visual.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Make a Match, Media Audio Visual, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:45
Last Modified: 13 Aug 2020 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16489

Actions (login required)

View Item View Item