STABILITAS AIR BELERANG ALAMI DESA SEBAU SEBAGAI REAGEN UNTUK MENURUNKAN KADAR KELARUTAN LOGAM MANGAN (Mn2+) dan TEMBAGA (Cu2+) DALAM AIR

LALU, RIZA MAHENDRA (2020) STABILITAS AIR BELERANG ALAMI DESA SEBAU SEBAGAI REAGEN UNTUK MENURUNKAN KADAR KELARUTAN LOGAM MANGAN (Mn2+) dan TEMBAGA (Cu2+) DALAM AIR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LALU RIZA MAHENDRA (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Logam Mn dan Cu merupakan logam berat yang kelarutannya dalam air dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Solusi mengatasi pencemaran logam salah satunya dengan mengendapkan logam tersebut. Air belerang dapat digunakan sebagai reagen presipitan logam Mn2+ dan Cu2+ dalam air. Penelitian mengenai air belerang alami desa Sebau ini dilakukan untuk menentukan stabilitas kadar sulfida variasi waktu penyimpanan, dan berfungsi sebagai reagen yang dapat mengendapkan logam Cu2+ dan Mn2+ terlarut di dalam air. Sampel air belerang dibagi menjadi sampel pengawetan (P) dan sampel tanpa pengawetan (TP), untuk ditinjau tingkat stabilitasnya. Penelitian ini mampu menahan laju stabilitas kadar sulfida hingga hari ke-10. Masing-masing sampel kadar sulfida optimalnya pada hari-0 sebesar 29,616 mg/L pada sampel pengawetan ; sedangkan pada sampel air belerang tanpa pengawetan sebesar 16,288 mg/L. Reagen air belerang mampu mengendapan logam Mn2+ dan Cu2+ hingga 20 hari. Logam Mn2+ terlarut dalam air hasil reaksi dengan smasing-masing sampel air belerang, pengendapan terbesarnya terjadi pada variasi hari ke-5 sebesar 57,591% (P) dan 57,172% (TP). Sampel logam Cu2+ terlarut dalam air hasil reaksi dengan sampel air belerang pengawetan pengendapan terbesarnya terjadi pada varian hari ke-5 sebesar 83,448%, sedangkan pada sampel air belerang tanpa pengawetan terjadi pada varian hari ke-10 sebesar 52,302%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : air belerang, stabilitas, penurunan logam Mn2+ dan Cu2+
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:45
Last Modified: 13 Aug 2020 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16492

Actions (login required)

View Item View Item