KEANEKARAGAMAN LABA-LABA SEBAGAI PREDATOR PADA HAMA Ephestia cautella DI BEBERAPA VARIETAS GUDANG PENYIMPANAN BAWANG PUTIH

Farra, Cahyaningtyas (2020) KEANEKARAGAMAN LABA-LABA SEBAGAI PREDATOR PADA HAMA Ephestia cautella DI BEBERAPA VARIETAS GUDANG PENYIMPANAN BAWANG PUTIH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi farra Cahyaningtyas .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman laba-laba sebagai predator pada hama (Ephestia cautella) di beberapa varietas gudang penyimpanan bawang putih . Penelitian dilaksanakan pada bulan November sampai dengan bulan Desember 2019 di Sembalun, yaitu di gudang sembalun Bumbung, Sembalun Lawang, Sembalun Timbe Gading, dan Sembalun. Identifikasi predator laba-laba dilakukan di Laboratorium Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survey dan pengumpulan data di lapangan dan pengambilan sampel dengan metode sistematik random sampling yaitu dengan memilih sampel secara acak sistematis pada setiap lokasi atau titik pengamatan dengan menggunakan metode hand sorting, yaitu pengambilan sampel laba-laba secara langsung dengan menggunakan tangan sebanyak 5 kali dengan interval waktu 7 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 3 jenis laba-laba pada gudang penyimpanan bawang putih di sembalun yaitu spesies Pholcus phalangiodes, Menemerus bivittatus, dan Plexippus petersi. Laba-laba predator yang diperoleh dengan jumlah rerata populasi tertinggi pada beberapa varietas adalah varietas sangga 15 spesies dengan nilai indeks keanekaragaman (H’) yang diperoleh sebesar 0,33. Sedangkan laba-laba yang jumlah rerata populasi terendah yaitu pada varietas lanang sebesar 2,4.spesies dengan nilai indeks keanekaragaman (H’) yang diperoleh sebesar 0,21.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Laba-laba, bawang putih.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:44
Last Modified: 13 Aug 2020 01:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16502

Actions (login required)

View Item View Item