RANCANG BANGUN KWH METER ONLINE BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN PROTOKOL KOMUNIKASI HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Syarif, Hidayaturrahman (2020) RANCANG BANGUN KWH METER ONLINE BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN PROTOKOL KOMUNIKASI HTTP (Hypertext Transfer Protocol). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA_Syarif Hidayaturrahman_F1B014099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Untuk melakukan pemantauan terhadap KWH meter listrik , saat ini pelanggan rumah tangga dari penyedia layanan tenaga listrik masih perlu memonitor besaran listrik yang terpasang dirumahnya hanya melalui pemantauan ditempat. Selain itu fitur dari KWH meter yang tersedia belum dapat melakukan pengendalian dari jarak jauh. Maka tujuan dari penelitian ini untuk merancang KWH meter yang dapat melengkapi kekurangan yang ada pada KWH meter saat ini. Arduino uno digunakan sebagai komponen pemroses data yang dari sensor arus ACS712 dan sensor tegangan ZMPT101B yang selanjutnya hasil pengolahan data tersebut dikirimkan ke website melalui jaringan internet menggunkan ESP12F, agar pelanggan dapat memantau besaran listrik yang ada dirumahnya termasuk juga mengendalikan lampu yang ada dirumahnya melalui jarak jauh dengan memberikan perintah dari website. Pengiriman data pengolahan sensor ke website ini menggunakan komunikasi HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : KWH Meter, Online, Website, Pengontrolan, Pengendalian, Arduino Uno, ESP12F, ZMPT101B, ACS712.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:44
Last Modified: 13 Aug 2020 01:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16503

Actions (login required)

View Item View Item