TINJAUAN YURIDIS PEMBERIAN IZIN PERKAWINAN POLIGAMI BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL (STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA MATARAM)

FITRI, RAHAYU (2020) TINJAUAN YURIDIS PEMBERIAN IZIN PERKAWINAN POLIGAMI BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL (STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FITRI RAHAYU (D1A116082).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pemberian izin poligami bagi Pegawai Negeri Sipil dan Pertimbangan hukum oleh hakim dalam memberikan izin poligami bagi Pegawai Negeri Sipil. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif empiris. Hasil penelitian ini adalah prosedur dalam memberikan izin poligami yaitu harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari isteri dan atasan tempat bekerja selanjutnya setelah diberikan izin oleh atasan tersebut dapat menjadi dasar untuk mengajukan permohonan izin ke Pengadilan Agama. Selanjutnya mengajukan permohonan izin poligami secara tertulis ke Pengadilan Agama, kemudian Pengadlan Agama memanggil para pihak, selanjutnya ke tahap persidangan sampai ke tahap pembacaan putusan oleh ketua hakim. Dan Pertimbangan Hukum oleh Hakim dalam memberikan izin poligami bagi PNS dalam perkara Nomor 149/Pdt.G/2019PA.Mtr yaitu berdasarkan Peraturan Perundang-undangan maupun PP 10 Tahun 1983 jo PP No. 45 Tahun 1990.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Izin, Perkawinan Poligami, PNS.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:44
Last Modified: 13 Aug 2020 01:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16505

Actions (login required)

View Item View Item