PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DALAM PERKAWINAN ANTARA MASYARAKAT BANGSAWAN DENGAN MASYARAKAT JAJARKARANG (Studi Kasus Pada Masyarakat Suku Sasak di Kelurahan Prapen Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah)

FIA, AULIA (2020) PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DALAM PERKAWINAN ANTARA MASYARAKAT BANGSAWAN DENGAN MASYARAKAT JAJARKARANG (Studi Kasus Pada Masyarakat Suku Sasak di Kelurahan Prapen Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI pdf .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan sosial budaya yang terjadi dalam perkawinan masyarakat bangsawan dengan masyarakat jajar karang suku sasak dan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan sosial budaya dalam adat perkawinan antara masyarakat bangsawan dan masyarakat jajar karang Di kelurahan Prapen kecamatan Praya Lombok tengah. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang dan informan penelitian 2 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Snowball sampling untuk subjek penelitian dan Purposive Sampling untuk informan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perubahan sosial dalam perkawinan antara masyarakat bangsawan dan masyarakat jajarkarang suku sasak yaitu perubahan dalam Proses pelaksanaan adat perkawinan dan terjadinya pernikahan berbeda strata sosial. Adapun faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan perubahan sosial budaya dalam adat perkawinan antara masyarakat bangsawan dan masyarakat jajar karang adalah faktor internal (dari dalam diri) dan faktor eksternal (pengaruh budaya lain, dan IPTEK).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perubahan Sosial, masyarakat bangsawan, jajarkarang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:44
Last Modified: 13 Aug 2020 01:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16508

Actions (login required)

View Item View Item