KENDALA PENGGUNAAN HAK INGKAR NOTARIS TERKAIT DENGAN KERAHASIAAN AKTA (studi pada kantor Notaris&PPAT Nani Suryani,SH.,M.Kn. di Lombok Barat)

BAIQ, LILIQ HASANAH (2020) KENDALA PENGGUNAAN HAK INGKAR NOTARIS TERKAIT DENGAN KERAHASIAAN AKTA (studi pada kantor Notaris&PPAT Nani Suryani,SH.,M.Kn. di Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala penggunaan hak ingkar notaris terkait dengan kerahasian akta, dan untuk mengetahui dapat atau tidak notaris menggunakan hak ingkarnya saat pemanggilan sebagai saksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa kendala notaris dalam menjaga kerahasiaan akta dalam kaitannya hak ingkar untuk permasalahan pertama yaitu (1) Jika notaris berhadapan dengan perkara pidana, notaris dipanggil oleh penegak hukum untuk menjadi saksi, kehadiran notaris sudah dapat dianggap ada dengan dihadirkan akta yang dibuatnya.(2) Pihak penyidik menggunakan upaya paksa dengan alasan untuk suatu kepentingan penyelidikan dan penyidikan. Kemudian untuk permasalahan yang kedua yaitu penggunaan hak ingkar saat pemanggilan sebagai saksi itu wajib digunakan jika berkaitan dengan akta, namun jika notaris terlibat dalam perkara pidana seperti korupsi, atau pemalsuan akta hak ingkar tidak dapat digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Notaris, Akta , Hak Ingkar.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:43
Last Modified: 13 Aug 2020 01:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16509

Actions (login required)

View Item View Item