PELAYANAN PUBLIK PERANGKAT DESA TERHADAP KEPUASANMASYARAKAT DALAM PEMBUATAN KARTU KELUARGA (STUDI DESKRIPTIF DESA JEROWARU, KECAMATAN JEROWARU, KABUPATEN LOMBOK TIMUR)

Jakaria, Jakaria (2020) PELAYANAN PUBLIK PERANGKAT DESA TERHADAP KEPUASANMASYARAKAT DALAM PEMBUATAN KARTU KELUARGA (STUDI DESKRIPTIF DESA JEROWARU, KECAMATAN JEROWARU, KABUPATEN LOMBOK TIMUR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JAKARIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standarpelayanan public perangkat desa terhadap kepuasan masyarakat dan Faktor-faktor yang mempengaruhi standar pelayanan public berdasarkan Standar Pelayanan Publik menurut Keputusan Menteri PAN nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003di Desa Jerowaru, Kecamatan jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Subyek Penelitian ini adalah Kepala Bidang Pelayanan dan Pegawai Pelayanan, subyek penelitian ini dipilih dikarenakan paling mengetahui penyelenggaraan Pelayanan pemerintahan di Desa Jerowaru, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Informan dalam penelitian adalah masyarakat (yang sedang melakukan pembuatan surat penghantar Kartu Keluarg/KK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa 1) Penerapan standar pelayanan public sudah sesuai dengan Keputusan Menteri PAN nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 seperti Prosedur pelayanan, Persyaratan pelayanan, Kejelasan petugas pelayanan, Kedisiplinan petugas pelayananTanggung jawab petugas pelayanan, Kemampuan petugas pelayanan, Kecepatan pelayanan, Keadilan mendapatkan pelayanan, Kesopanan dan keramahan petugas, Kepastian jadwal pelayanan, Kenyamanan lingkungan dan Keamanan pelayanan, di Desa Jerowaru, Kecamatan jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, hal ini terlihat dalam kegiatan pelayanan yang dilakukan pegawai pelayanan desa,2) Faktor Internal dan eksternal yang mempengaruhi pelayanan publik di desa jerowaru. Faktor Internal yaitu pola pelayanan umum organisas, penyedian fasilitas penunjang, sumber daya manusia. Kemudian faktor Eksternal yaitu polala yanan distribusi Jasa dan pola layanan dan tata cara pembuatan Kartu Keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : pelayananpublik, perangkatDesa, Kepuasanmasyarakat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Aug 2020 01:14
Last Modified: 06 Aug 2020 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16512

Actions (login required)

View Item View Item