PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SDN 4 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mirajul, Mukmin (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SDN 4 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Mirajul Mukmin_Oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Numbered heads Together (NHT) Berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 4 cakranegara Tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 4 Cakranegara Tahun pelajaran 2019/2020. teknik memilih sampel dalam penelitian ini adalah non- probability sampling dengan menggunakan sampel jenuh. Yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVa (kelas eksperimen) dengan jumlah siswa 18 orang dan IVb (kelas kontrol) dengan jumlah siswa 18 orang di SDN 4 Cakranegara. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh hasil belajar adalah soal pilihan ganda, Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t sampel independent (Independent-Sampel t Test) dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. 22.0 for windows pada taraf signifikansi 5%. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu pree-test (68.05) dan post-test (74,44) sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu pree-test (58,88) dan post-test (72,77) dari hasil t hitung = 2,540 dan t tabel = 2,032 yang berarti t hitung (2,540) > t tabel (2,032), Hasil analisis statistik tersebut berarti hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh model Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 4 cakranegara Tahun pelajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Numbered Heads Together, Media Gambar dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:43
Last Modified: 13 Aug 2020 01:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16513

Actions (login required)

View Item View Item