PENGARUH MEDIUM TANAM DENGAN BERBAGAI KOMPOSISI DAN KONSENTRASI CAIRAN DAUN KELOR (Moringa oleifera L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)

Trisna, Sulfan (2020) PENGARUH MEDIUM TANAM DENGAN BERBAGAI KOMPOSISI DAN KONSENTRASI CAIRAN DAUN KELOR (Moringa oleifera L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh medium tanam dengan berbagai komposisi dan konsentrasi cairan daun kelor (Moringa oleifera L.) serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada(Lactuca sativa L.).Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus 2019, bertempat di Dusun Iting, Desa Kuripan, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan percobaan dalam nethouse.Rancangan yang digunakan yaitu faktorial (4 x 4) yang disusun berdasarkan RancanganAcak Lengkap (RAL)yang terdiri dari dua faktor.Faktor 1 adalah medium tanam dengan berbagai komposisi yang terdiri dari 4 aras yaitu M1 (50% limbah baglog jamur tiram + 0% kompos tongkol jagung + 50% tanah), M2 (25%limbah baglogjamur tiram + 25% kompos tongkol jagung + 50% tanah), M3 (12,5% limbah baglogjamur tiram + 37,5%kompos tongkol jagung + 50% tanah), M4 (0% limbah baglog jamur tiram + 50% kompos tongkol jagung + 50% tanah) dan faktor 2 adalah konsentrasi cairan daun kelor yang terdiri dari 4 aras yaitu K1 (tanpa konsentrasi cairan daun kelor), K2 (konsentrasi 40% cairan daun kelor), K3 (konsentrasi 50% cairan daun kelor),K4 (konsentrasi 60% cairan daun kelor). Setiap perlakuan diulang sebanyak 4 kali, sehingga diperoleh 64 unit percobaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan medium tanam berpengaruh nyata terhadap semua variabel pertumbuhan dan hasil tanaman selada tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap variabel pertumbuhan jumlah daun , lebar daun dan panjang daun satu minggu setelah tanam. Perlakuan cairan daun kelor berpengaruh nyata terhadap variabel pertumbuhan tinggi tanaman dan panjang daun pada tiga minggu dan empat minggu setelah tanam dan berpengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah daun pada dua minggu dan empat minggu setelah tanam dan lebar daun pada empat mingu setelah tanam. Perlakuan cairan daun kelor berpengaruh nyata terhadap variabel hasil bobot basah, bobot brangkasan layak dikonsumsi dan bobot tajuk tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap variabel hasil bobot basah akar dan bobot kering. Pengaruh interaksi hanya nyata pada variabel hasil bobot basah tanaman.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: medium tanam, ekstrak daun kelor, tanaman selada, bahan organik
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:43
Last Modified: 13 Aug 2020 01:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16526

Actions (login required)

View Item View Item