PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH PESERTA DIDIK

IBRAHIM, IBRAHIM (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis Ibrahim (I2E018010) FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran adalah bagian dari perencanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran penting dikembangkan untuk menfasilitasi peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan penyelesaian masalah peserta didik. Peningkatan pengusaan konsep dan kemampuan penyelesaian masalah dapat dilakukan dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatifnya adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran model discovery yang dipandu dengan pendekatan konflik kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model discovery dengan pendekatan konflik kognitif yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan penyelesaian masalah peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian & pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan yang dilakukan mengacu pada langkah-langkah pengembangan 4D, yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKPD, handout, dan instrumen evaluasi. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh tiga ahli pendidikan fisika Universitas Mataram. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah kelas X SMA/MA di Mataram. Pada uji coba terbatas, subjek diambil satu kelas, sedangkan uji coba luas subjek terdiri dari 2 kelas. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif persentase, indek Aiken, Percentage of Agreement, dan N-gain. Data kevalidan menunjukkan bahwa komponen perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk pada kategori sangat valid dan reliabel. Hasil analisis Data kepraktisan meliputi keterlaksanaan pembelajaran, penyelesaian masalah selama pembelajaran, respon guru dan pendidik terhadap perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori praktis. Hasil analisis data keefektifan menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan konsep dan KPM baik secara umum, sub-materi, maupun indikator dalam kategori sedang-tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika model discovery dengan pendekatan konflik kognitif valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan penyelesaian masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran Fisika, Model Discovery, Pendekatan Konflik Kognitif, Penguasaan Konsep, Kemampuan Penyelesaian Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:43
Last Modified: 13 Aug 2020 01:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16528

Actions (login required)

View Item View Item