PENGENALAN POLA TULISAN TANGAN AKSARA SASAK MENGGUNAKAN METODE LINEAR DISCRIMINANT ANALYSIS DAN JARINGAN SYARAF TIRUAN JENIS BACKPROPAGATION

Mas Karunia Maharani, A.A.Sg. (2020) PENGENALAN POLA TULISAN TANGAN AKSARA SASAK MENGGUNAKAN METODE LINEAR DISCRIMINANT ANALYSIS DAN JARINGAN SYARAF TIRUAN JENIS BACKPROPAGATION. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Aksara Sasak merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang termasuk ke dalam kategori endangered language dan perlu dilestarikan agar tidak punah. Jika tidak ada upaya pelestarian, maka Aksara Sasak akan mengalami kepunahan. Mengingat betapa pentingnya upaya pelestarian, maka dilakukan penelitian untuk mengenali pola tulisan tangan aksara Sasak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat model yang optimal untuk mengenali pola aksara Sasak serta untuk melihat seberapa akurat metode Linear Discriminant Analysis sebagai fitur ekstraksi dan Backpropagation Neural Network sebagai metode klasifikasi untuk mengenali pola aksara sasak. Dataset pada penelitian ini terdiri atas tiga variasi banyaknya data yaitu 13500, 10800 dan 2700. Menurut hasil akhir penelitian didapatkan akurasi model terbaik terbaik pada parameter uji koefisien DCT 64, eigen value bernilai 17, jumlah neuron 128, jumlah hidden layer yaitu 2 dan learning rate 0.003 pada dataset 10800 dengan akurasi 92.20% dengan presisi 92% dan recall 92% serta waktu komputasi 250.691s. Hal ini menunjukkan bahwa metode LDA dan JST-BP dapat bekerja dengan optimal pada pengenalan pola Aksara Sasak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: pengenalan pola, tulisan tangan, aksara Sasak, LDA, JST- Backpropagation.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:43
Last Modified: 13 Aug 2020 01:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16532

Actions (login required)

View Item View Item