UJI KOMBINASI PUPUK ANORGANIK DAN PUPUK BIO-ORGANIK P TERHADAP KETERSEDIAAN P DALAM TANAH, SERAPAN P TANAMAN DAN POPULASI BAKTERI PELARUT FOSFAT PADA TANAMAN KEDELAI (Glycine max L. Merrill)

Fitri Pebrianti R.P, B. (2020) UJI KOMBINASI PUPUK ANORGANIK DAN PUPUK BIO-ORGANIK P TERHADAP KETERSEDIAAN P DALAM TANAH, SERAPAN P TANAMAN DAN POPULASI BAKTERI PELARUT FOSFAT PADA TANAMAN KEDELAI (Glycine max L. Merrill). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI B. FITRI PEBRIANTI R.P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kombinasi pupuk anorganik dengan pupuk bio-organik P terhadap ketersediaan P dalam tanah, serapan P tanaman dan Populasi Bakteri Pelarut Fosfat pada fase vegetatif tanaman kedelai. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimental dengan empat perlakuan. Masing- masing perlakuan diambil 5 sampel secara acak sehingga terdiri dari 20 unit sampel percobaan. Penelitian dilakukan pada bulan Maret-Juli 2019 di lahan sawah Desa Semoyang Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah. Perlakuan yang digunakan adalah P1 (50% rekomendasi pupuk anorganik +pupuk bio-organik P 10 g/tanaman), P2 (75% rekomendasi pupuk anorganik+ pupuk bio-organik P 10 g/tanaman), P3 (100% rekomendasi pupuk anorganik), dan kontrol (tanpa perlakuan). Parameter yang diuji dalam penelitian ini yaitu kandungan P-tersedia dalam tanah, pH tanah, berat kering brangkasan, Serapan P Tanaman, dan jumlah populasi Bakteri Pelarut Fosfat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dengan hanya ditambahkan pupuk anorganik, dan dengan mengkombinasikan pupuk bio-organik P dengan pupuk anorganik dapat meningkatkan semua parameter yang diuji. Nilai pH tanah berkisar antara 6.56-6.64, P- tersedia tanah berkisar 13.2-17.33 ppm, berat kering brangkasan berkisar 8.2-11.01 gram, serapan P tanaman berkisar 10.69-16.76 mg/tan, dan jumlah Populasi BPF sebanyak 1.14×106 cfu/g - 4.56×107 cfu/g

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kedelai, ketersediaan unsur fosfor, Serapan P, Pupuk Anorganik, Pupuk bio-organik P.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:43
Last Modified: 13 Aug 2020 01:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16533

Actions (login required)

View Item View Item