IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI UNIVERSITAS MATARAM

FARAZ, WAHYUDI (2020) IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN TUGAS AKHIR-FARAZ WAHYUDI (F1D015023).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pemberian beasiswa merupakan program kerja yang ada di setiap Universitas atau perguruan tinggi. Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Dalam melakukan penetapan mahasiswa peserta beasiswa bidikmisi pihak Universitas masih menggunakan cara manual yaitu dengan cara melakukan pengecekan kembali data mahasiswa satu persatu di Microsoft excel oleh Subbagian Kesejahteraan Mahasiswa dan hasil seleksi data diurutkan berdasarkan fakultas atau prodi masing-masing. Untuk membantu dalam proses seleksi maka perlu dibangun sistem pendukung keputusan, agar dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan. Dalam sistem pendukung keputusan ini menggunakan 10 kriteria antara lain: penghasilan ayah, penghasilan ibu, jumlah tanggungan, kepemilikan rumah, luas tanah, luas bangunan, jarak pusat kota, mandi cuci kakus, sumber listrik dan sumber air. Didalam sistem pendukung keputusan ini perhitungannya menggunakan metode weighted product. Metode weighted product digunakan karena metode ini lebih bisa memberikan nilai bobot disetiap kriteria kemudian dilakukan perangkingan dari yang terbesar ke terkecil dari hasil perhitungan nilai akhir. Dalam pembangunan sistem ini, menggunakan bahasa pemograman PHP dan database yang digunakan mysql dengan menggunakan framework Codeigniter. Dalam sistem ini menggunakan 100 data mahasiswa yang diambil dari data file Microsoft excel. Seratus data tersebut diambil secara berurutan dari data nomor 1 sampai 100. Sistem dapat menghasilkan prioritas dalam membantu untuk melakukan keptusan, tetapi sebelum itu dilakukan survei lapangan terkait data-data yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Weighted Product, Beasiswa Bidikmisi, Sistem Pendukung Keputusan, PHP, MySQl, Framework Codeigniter
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2020 00:08
Last Modified: 10 Aug 2020 00:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16536

Actions (login required)

View Item View Item