PENGARUH TEMPERATUR DIGESTER YANG DIPERTAHANKAN DALAM KONDISI STABIL TERHADAP KUALITAS DAN KUANTITAS BIOGAS YANG DIHASILKAN DARI KOTORAN SAPI

ILHAM, SAPRIANDI (2020) PENGARUH TEMPERATUR DIGESTER YANG DIPERTAHANKAN DALAM KONDISI STABIL TERHADAP KUALITAS DAN KUANTITAS BIOGAS YANG DIHASILKAN DARI KOTORAN SAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Di era globalisasi modern saat ini, pencarian, pengembangan dan penyebaran energi alternatif yang ramah lingkungan menjadi sangat penting atas permasalahan ketersediaan energi yang semakin menipis. Permasalahan tersebut dapat diatasi apabila tidak bergantung pada bahan bakar fosil dan menggunakan energi alternatif yang ramah lingkungan, murah, mudah diperoleh dan dapat diperbaharui (renewable). Salah satu sumber energi terbarukan dan menjadi alternatif tersebut adalah biogas. Biogas merupakan salah satu dari bentuk energi terbarukan yang dapat diperoleh dari limbah peternakan dan sampah pasar melalui fermentasi anaerobik (Widyastuti, 2013). Dalam penelitian ini, peneliti mencoba fokus terhadap temperatur digester. Dalam beberapa literatur yang menyoroti temperatur digester, semua rata-rata mengatakan bahwasannya biogas yang diproses dengan temperatur termofilik lebih bagus daripada biogas yang diproses dengan temperatur mesofilik. Namun pada umumnya, penelitian terkait hal ini dilakukan dengan kondisi temperatur lingkungan, di mana temperatur lingkungan kondisinya tidak tetap atau berubah-ubah. Lalu muncul dugaan awal bahwasannya temperatur yang dijaga konstan akan berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas biogas yang dihasilkan. Sehingga itu yang peneliti coba untuk diteliti, mempertahankan temperatur digester dalam satu kondisi, dengan variasi 45o , 55o dan 65o . Penelitian ini dilakukan dengan dua metode yaitu pertama, studi literatur, mempelajari literatur-literatur dan tulisan-tulisan yang menjelaskan tentang teori yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Kedua, studi eksperimen, melakukan pengujian dan penelitian secara langsung di laboratorium untuk mendapatkan data-data yang diinginkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Biogas, temperatur digester, kotoran sapi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:42
Last Modified: 13 Aug 2020 01:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16553

Actions (login required)

View Item View Item