EFIKASI BEBERAPA TEKNIK PENGENDALIAN HAMA TERHADAP POPULASI SERTA INTENSITAS SERANGAN HAMA Plutella xylostella DAN Crocidolomia binotalis PADA TANAMAN KUBIS (Brassica oleracea L.)

Riva’atul, Mahmudah (2020) EFIKASI BEBERAPA TEKNIK PENGENDALIAN HAMA TERHADAP POPULASI SERTA INTENSITAS SERANGAN HAMA Plutella xylostella DAN Crocidolomia binotalis PADA TANAMAN KUBIS (Brassica oleracea L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas beberapa teknik pengendalian dalam mengendalikan hama ulat kubis (Brassica oleracea L.). Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2019 di Desa Jagaraga Indah, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan rancangan percobaan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Penelitian ini menggunakan 4 perlakuan yaitu: PK: Kontrol, PC: Ekstrak daun cengkeh, PS: Perangkap Sex Feromon Sintetik, dan PF: Furadan 3G. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian dengan ekstrak cengkehlebih efektif dibandingkan dengan furadan, feromon, dan konvensional dalam mengendalikan hama ulat pada tanaman kubis. Tanaman kubis dengan pemberian ekstrak cengkeh menunjukkan lebih sedikit jumlah populasi dan intensitas serangan dibandingkan pengendalian yang lain. Disamping itu, cengkeh memberikan dampak yang lebih baik dari berbagai aspek,seperti pada aspek ekologi, biologi dan soial ekonomi. Cengkeh yang merupakan pestisida nabati tidak mengakibatkan musuh alami mati dan tidak menyebabkan residu, tidak menyebabkan resisten pada hama, tidak menurunkan produktifitas yang dapat menimbulkan kerugian pada petani dan mudah di aplikasikan dalam mengendalikan hama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Cengkeh, Hama, Tanaman Kubis
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:33
Last Modified: 13 Aug 2020 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16558

Actions (login required)

View Item View Item