KAJIAN TINDAK GEN PADA BEBERAPA POPULASI HASIL PERSILANGAN BLEWAH (Cucumis melo var cantalupensis L.) DENGAN MELON (Cucumis melo L.)

Baban, Rahmady Yusra (2020) KAJIAN TINDAK GEN PADA BEBERAPA POPULASI HASIL PERSILANGAN BLEWAH (Cucumis melo var cantalupensis L.) DENGAN MELON (Cucumis melo L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-Baban Rahmady.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tindak gen pada beberapa populasi hasil persilangan blewah (Cucumis melo var cantalupensis L.) dengan melon (Cucucmis melo L.). Kegiatan penelitian dilakukan di Desa Peresak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat sejak September hingga Desember 2019. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan empat genotipe : P1 (blewah sebagai tetua betina), P2 (melon sebagai tetua jantan), F1, dan F4. Semua perlakuan diulang sebanyak tiga kali sehingga terdapat 12 unit percobaan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus nisbah potensi Peter dan Frey (1966). Data hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan jenis tindak gen pada populasi hasil persilangan blewah dengan melon. Pada generasi F1 tindak gen dominan lebih negatif terdapat pada karakter panjang batang tanaman, diameter batang, diameter buah, panjang buah, dan bobot buah segar. Karakter jumlah cabang produktif memiliki tindak gen dominan sempurna negatif. Umur panen dan tingkat kemanisan memiliki jenis tindak gen yang berbeda yakni dominan sebagian positif dan dominan sebagian negatif. Karakter ketebalan buah memiliki tindak gen dominan lebih positif. Kajian jenis tindak gen juga dilakukan pada generasi keempat (F4). Tindak gen dominan lebih positif terdapat pada karakter jumlah cabang produktif. Karakter panjang batang tanaman, diameter batang dan ketebalan buah memiliki tindak gen dominan sebagian positif. Tindak gen dominan sebagian negatif terlihat pada karakter umur panen dan diameter buah. Hanya karakter tingkat kemanisan yang memiliki tindak gen dominan sempurna negatif sedangkan karakter panjang buah dan bobot buah segar memiliki tindak gen dominan lebih negatif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : tindak gen, blewah, melon, nisbah potensi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:31
Last Modified: 13 Aug 2020 01:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16580

Actions (login required)

View Item View Item