KEBERADAAN KUTU KEBUL (Bemisia tabaci Genn.) SEBAGAI VEKTOR PENULAR PENYAKIT DAUN KERITING KUNING PADA TANAMAN TOMAT DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Atsqah, Atsqah (2020) KEBERADAAN KUTU KEBUL (Bemisia tabaci Genn.) SEBAGAI VEKTOR PENULAR PENYAKIT DAUN KERITING KUNING PADA TANAMAN TOMAT DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-Atsqah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan Kutu kebul (Bemisia tabaci Genn.) sebagai penular virus daun keriting kuning pada tanaman tomat di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan November sampai bulan Desember 2019 di lahan pertanian milik petani yang berada di 5 (lima) lokasi yang berbeda yakni di Desa Kelayu Utara, Desa Kelayu Jorong, Desa Denggen, Desa Labuan Haji dan Desa Peneda Gandor, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan yakni metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data secara langsung di lapangan pada sejumlah titik pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kutu kebul dapat berperan sebagai vektor penular virus daun keriting kuning pada tanaman tomat. Rata-rata populasi kutu kebul yang ditemukan di 5 lokasi pengamatan yang berbeda yakni di Desa Peneda Gandor sebesar 35 ekor, Desa Labuan Haji sebesar 31,45 ekor, Desa Kelayu Utara sebesar 27,85 ekor, Desa Kelayu Jorong sebesar 26 ekor, dan Desa Denggen sebesar 19,9 ekor. Rata-rata intensitas penyakit di Desa Peneda Gandor sebesar 65,67%, Desa Labuan Haji sebesar 59,53%, Desa Kelayu Utara sebesar 44,54%, Desa Kelayu Jorong sebesar 35,06%, dan Desa Denggen sebesar 29,54%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Tanaman tomat, Bemisia tabaci, Geminivirus
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:31
Last Modified: 13 Aug 2020 01:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16581

Actions (login required)

View Item View Item