PENGARUH PENAMBAHAN RUMPUT PADA PEMASANGAN PAVING BLOCK TERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN PADA TANAH PASIR DAN LEMPUNG KEPASIRAN

MARTARIA, KASIH DWI KURNIA (2020) PENGARUH PENAMBAHAN RUMPUT PADA PEMASANGAN PAVING BLOCK TERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN PADA TANAH PASIR DAN LEMPUNG KEPASIRAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA Martaria Kasih Dwi Kurnia (ttd kajur blm).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Semakin berkembangnya pembangunan di kawasan perkotaan merupakan salah satu dampak dari pertumbuhan penduduk, pariwisata dan ekonomi yang pesat. Perluasan kawasan perkotaan dan berkurangnya kawasan hijau banyak terjadi di beberapa tempat di Indonesia. Hal ini menyebabkan berkurangnya lahan terbuka hijau untuk resapan air hujan ke dalam tanah. Sehingga perlu adanya upaya untuk mengalih fungsikan lahan kawasan kedap air (impervious) menjadi kawasan resapan (pervious) yang diharapkan dapat mengurangi aliran permukaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permukaan lahan terhadap besarnya nilai koefisien limpasan permukaan (C). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat rainfall simulator. Penelitian ini menguji dengan jenis tanah dasar lempung kepasiran dan tanah pasir. Penelitian ini menggunakan paving block berbentuk persegi ukuran 20 x 20 x 6 cm dikombinasikan dengan penambahan rumput gajah mini dan rumput jepang. Perbandingan luasan antara paving block dengan rumput adalah 75% : 25%. Pengukuran yang dilakukan yaitu pengukuran intensitas hujan, volume limpasan, volume infiltrasi dan koefisien limpasan permukaan (C). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tanah dasar dan penambahan rumput pada pemasagan tutupan lahan paving block memberikan pengaruh terhadap nilai koefisien limpasan permukaan. Pada lahan uji tanah pasir dengan tutupan lahan paving block persegi dengan penambahan rumput gajah mini terbesar yaitu 0,21 dan dengan rumput jepang mendapatkan nilai koefisien limpasan yaitu 0,20. Pada lahan uji tanah lempung kepasiran dengan tutupan lahan paving block persegi dengan penambahan rumput gajah mini mendapatkan nilai keofisien limpasan permukaan (C) terbesar yaitu 0,40. Sedangkan pada tanah lempung kepasiran dengan tutupan lahan paving block persegi dengan penambahan rumput jepang mendapatkan nilai keofisien limpasan permukaan (C) yaitu 0,39.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Penambahan Rumput padaPaving Block, Intensitas Hujan, Volume Limpasan, Koefisien Limpasan (C).
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:17
Last Modified: 13 Aug 2020 01:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16593

Actions (login required)

View Item View Item