STUDI NUMERIK TEKANAN GELOMBANG PADA SEAWALL TIPE LENGKUNG DENGAN VARIASI KEMIRINGAN DASAR AKIBAT HEMPASAN GELOMBANG REGULER

LAILATUL, ULFAH (2020) STUDI NUMERIK TEKANAN GELOMBANG PADA SEAWALL TIPE LENGKUNG DENGAN VARIASI KEMIRINGAN DASAR AKIBAT HEMPASAN GELOMBANG REGULER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan tentunya tidak lepas dengan garis pantai, Indonesia sendiri memiliki garis pantai terpanjang keempat di dunia setelah Kanada, Amerika Serikat dan rusia dengan garis pantai 95.181 kilometer. Namun sebanyak 20 persen dari garis pantai di sepanjang wilayah Indonesia dilaporkan mengalami kerusakan, tentunya kerusakan ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain abrasi pantai. Abrasi dapat menimbulkan permasalahan dan kerugian yang disebabkan karena mundurnya garis pantai sehingga daratan dapat menghilang terkikis oleh air laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan gelombang reguler terhadap variasi kemiringan dasar dinding pantai (seawall). Penelitian pada domain numerik berbentuk segiempat dengan dimensi 14.1m, 0.5m dan 0.8m menggunakan program CADMAS SURF 2D. Variasi seawall berbentuk lengkung dengan variasi kemiringan dasar yang diposisikan di 1.5m dari hilir domain dengan bagian depannya di asumsikan menghadap kearah gelombang datang serta menggunakan 4 (empat) variasi tinggi gelombang reguler. Hasil simulasi menunjukkan, semakin tinggi gelombang dan semakin besar kedalaman titik pengukuran tekanan gelombang maka akan semakin besar tekanan yang dihasilkan. Seawall tipe lengkung dengan variasi kemiringan dasar 1:20 menghasilkan tekanan yang lebih besar dibandingkan dengan seawall tipe lengkung dengan kemiringan dasar 1:40 dan variasi kemiringan dasar 1:60. Seawall tipe lengkung dengan variasi kemiringan dasar 1:60 merupakan salah satu bentuk variasi kemiringan dasar yang baik dalam memimalisir tekanan gelombang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Tekanan Gelombang, Gelombang Reguler, seawall, CADMAS SURF 2D
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:16
Last Modified: 13 Aug 2020 01:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16596

Actions (login required)

View Item View Item