ANALISIS TEBAL PERKERASAN RUNWAY DI BANDARA INTERNASIONAL LOMBOK (BIL) AKIBAT PERKEMBANGAN PROGRAM KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK)

NURALIFA, DEA OCTAVIA (2020) ANALISIS TEBAL PERKERASAN RUNWAY DI BANDARA INTERNASIONAL LOMBOK (BIL) AKIBAT PERKEMBANGAN PROGRAM KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Nuralifa Dea Octavia (F1A016125) - Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117MB)

Abstract

Dengan label daerah wisata menyebabkan peningkatan penerbangan melalui Bandara Internasional Lombok (BIL). Peningkatan ini diprediksi akan semakin meningkat dengan program pemerintah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Potensi peningkatan ini tentu memberikan dampak pada peningkatan jumlah pergerakan pesawat pada sisi land side khususnya runway. Penelitian ini menggunakan metode FAA secara manual dan membandingkan dengan software FAARFIELD. Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengevaluasi tebal perkerasan runway yang ada saat ini dengan tebal perkerasan runway dengan adanya program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada tahun 2024. Tebal perkerasan runway dengan program KEK Mandalika menggunakan pesawat rencana B739 untuk tahun 2024 adalah sebesar 4 inci untuk lapisan surface, 11.5 inci untuk lapisan base course, dan sebesar 33.5 inci untuk lapisan subbase course. Sedangkan tahun 2038 adalah sebesar 4 inci untuk lapisan surface, 11.9 inci untuk lapisan base course, dan sebesar 34.1 inci untuk lapisan subbase course. Dan untuk pesawat rencana adalah sebesar 5 inci untuk lapisan surface, 11.9 inci untuk lapisan base course, dan sebesar 33.1 inci untuk lapisan subbase course. Sedangkan dengan menggunakan software adalah sebesar 5 inci untuk lapisan surface, 11.8 inci untuk lapisan base course, dan sebesar 29.67 inci untuk lapisan subbase course.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Bandara Internasional Lombok (BIL), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), runway, FAA, FAARFIELD .
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:16
Last Modified: 13 Aug 2020 01:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16601

Actions (login required)

View Item View Item